Kunci Bisnis Online Sukses! Hindari 5 Penyebab Kebangkrutan Ini

Di Instagram, Anda bisa mengupload foto produk beresolusi tinggi, gambar yang relevan, dan bahkan testimoni pelanggan untuk menciptakan gaung terhadap bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menarik sebanyak mungkin trafik sebelum situs eCommerce di-online-kan.

Menampilkan landing page ‘Coming Soon’ berarti memberikan kesempatan bagi website Anda untuk menarik sebanyak mungkin trafik, meskipun situs belum sepenuhnya selesai dibuat. Bahkan dengan adanya landing page ini, Anda bisa membuat daftar atau list email pelanggan sehingga dapat melakukan penjualan setelah situs eCommerce siap digunakan. Dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam membuat rencana, Anda mampu menciptakan momentum terbaik untuk penjualan produk pertama. Karena WooCommerce adalah plugin WordPress yang memiliki banyak peminat, sebagian besar tema yang ada kompatibel dengan software ini. Maka dari itu, pilihlah tema yang dikhususkan untuk WooCommerce.

Buatlah nama dan pilihlah domain yang benar-benar mewakili reputasi brand Anda. Buat daftar beberapa perusahaan yang menarik perhatian Anda dan mulailah menganalisis cara mereka membuat produk yang bersifat original dan tidak mudah dilupakan. Setelah selesai dengan pengemasan, langkah selanjutnya adalah mengirimkan produk-produk yang dipesan oleh klien atau pelanggan. Untuk pengiriman, Anda bisa memanfaatkan jasa dan layanan provider pengiriman, seperti JNE, J&T, atau Tiki.

Tunjukkan pada orang-orang bahwa ide yang coba Anda tawarkan memang berkualitas, bukan hanya omongan belaka. Sebenarnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin menjual produk dengan harga murah. Namun yang jadi masalah, keuntungan atau margin yang didapatkan sedikit. Tentunya sebagai bisnis startup, memperoleh keuntungan sebesar-besarnya adalah tujuan utama Anda. Untuk cara membuat toko online, ada sejumlah produk dan layanan yang wajib Anda miliki.

Mungkin Anda menganggap ini bisnis kecil, bisnis ecek-ecek yang tak perlu dikonsep sedemikian rupa. Anda salah, jika ingin serius bisnis maka mulailah dengan konsep perencanaan yang jelas, walaupun misalnya hanya jualan kue jajan harian.

Misalnya, Shopify dan Wix yang paling umum digunakan atau WooCommerce dan platform eCommerce sejenisnya. Dengan cara pembayaran juga tidak sulit pada toko-toko online shop yang terpercaya. Kemudian, orang tersebut membutuhkan sebuah gambar yang tepat yang bisa dijadikan background untuk membuat website tersebut agar lebih menarik. Jadi untuk menghemat waktu, akhirnya memutuskan mencari gambar yang bisa di beli melalui internet. Pasalnya karena, ide yang sederhana tetapi memiliki peluang yang besar dan cukup menjanjikan.

tips bisnis online sukses

Misalnya saja, ada seseorang yang sedang mengembangkan websitenya untuk menjual produk kecantikan miliknya. Dapatkan list email dari pengunjung yang potensial dengan cara menambahkan form subscribe pada website bisnis. Ini bertujuan untuk mendapatkan calon pembeli potensial yang akan di tawarkan diskon dari produk yang dijual. Dalam berbelanja online seperti pada umumnya seorang pembeli akan menawar harga dari barang yang Anda tawarkan, bahkan sampai jauh di bawah perkiraan Anda.

Sama seperti orang-orang yang menilai suatu buku dari sampulnya, para calon pelanggan juga akan melakukan hal yang sama terhadap kemasan produk Anda. Kemasan adalah hal paling pertama yang dilihat oleh pembeli pada saat produk sudah tiba di tangan mereka. Kita asumsikan bahwa sekarang Anda sudah mendapatkan ide untuk toko online.